Maret 28, 2012

Agar hidup tak sendiri part 2


Setelah sekian lama merenung dengan apa yang terjadi, akhirnya hari ini terpaksa kutuliskan....benar2 sangat terpaksa, sangat terpaksa, sekali lagi sangat  terpaksa. Karena sudah terpaksa seperti ini ya saya paksakan saja, benar2 paksaan disaat harus menonton komedi yang lucu dan godaan tiduran. Memang seperti ini hidup tanpa aturan dan paksaan, sangat bebas sebebasnya...terserah gw, hidup ya hidup gw, mau tiduran, mau malas-malasan ya terserah.
Singkatnya begitu enjoy sepertinya hidup dalam kebebasan, sepertinya! tetapi suatu saat akankah kita sesali? menyesal telah menghaburkan waktunya, disaat orang lain menanjak dan terus menanjak dalam kariernya tetapi kita baru mulai dan dari nol lagi...benar2 dari nol. BAYANGKAN! Seperti apa yang terjadi dengan negeri BBM ini, begitu bebas kita hidup didalamnya, orang-orang asing bebas menggali kekayaan alam negeri BBM ini, rusuh dimana-mana, bebas berpakaian, tapi biarlah itu menjadi urusan dan pemikiran orang2 diatas sana....yang penting hari ini kita hidup bebas mau ngapain juga, terserah.
Akhirnya adzan memanggil untuk shalat, dan aku sedikir tersadar....astagfirullah, ngigau bebas lagi.
Setelah shalat berjama’ah, aku lanjutkan dengan tekad terbaikku pada ketidakpastian masa depan yang selalu menjadi impianku sejak 4 tahun lalu. Aku berusaha berhenti dari kebebasan hidup yang menjerumuskan pada kepastian yang tidak pasti hadirnya. Aku mulai dengan lembaran yang sudah kutulisi sejak beberapa tahun lalu, kuharap lembaran itu akan terwarnai dengan kebaikkan dan produktifitas kerja yang terus diasah, sehingga benar-benar hidup yang penuh manfaat.
Masa depan kita memang tidak pasti, sebuah ketidakpastian yang tidak ada jaminannya. Entah akan sukses atau malah terpuruk. Jelas sudah, saat ini harus banyak bergerak agar ketidakpastian itu selalu dalam kebahagian menjalankannya. Lalu bagaimana caranya? Banyak sekali caranya, mulai dari merancang masa depan dan mengelola hidup, lalu istiqomah dalam menjalankannya dan penuh manfaat bagi sesama. Lalu ada pertanyaan, aku sudah lakukan itu, tapi ko mimpiku tak terwujud juga? Hmmmm, ya saya tidak tau jelasnya perjalanan hidup anda. Tetapi ada kesamaan antara saya dengan anda jika setiap mimpi yang anda buat tidak terwujud juga, walaupun sudah lama dan berdarah-darah. Apa itu? Yaitu kesabaran dalam berjuang, saya yakin jika kita tak sabar dalam menggapai mimpi dipastikan akan selalu berpindah-pindah ke mimpi lainnya yang belum pasti. Ibarat satu mimpi sudah 45%, lalu pindah ke mimpi lain maka paling tidak kembali ke 10% untuk mimpi yang lainnya. Saran saya adalah sabar dan istiqomah dalam mengejar satu mimpi dulu, karena waktu kitapun masih belum terlatih untuk mengerjakan beberapa mimpi dalam satu waktu.
Kita mulai dengan semangat baru setiap pagi, setiap kita membuka mata dan diawali dengan berdo’a kepada Tuhan atas rasa syukur kita kita hidup hari ini. Karena setiap kita tidur itu ada dalam penjagaan Tuhan, bagaimana tidak? Kita tidak tahu selama tidur apa yang terjadi, hanya Tuhan yang tahu dan menjaga diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Jejak Sahabat disini

My Great Web page